Welcome to KIR SMA Negeri 61 Jakarta Blog's

Sabtu, 20 Agustus 2011

Puasa dan Kesehatan

Seperti yang telah kita ketahui, puasa adalah ibadah suatu umat beragama, dengan cara menahan nafsu, baik itu nafsu untuk makan dan minum ataupun nafsu emosional sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.
menurut tinjauan kesehatan, puasa berfungsi untuk mengatur pola makan dan minum, termasuk pemenuhan libido dalam irama waktu yang pasti dengan kedisiplinan yang tinggi. lalu apakah manfaat dari menahan haus dan lapar itu sendiri?
menurut beberapa sumber, puasa memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.
1. memberi kesempatan untuk organ pencernaan untuk beristirahat. organ pencernaan memerlukan waktu 4 jam untuk mencerna makanan dan mendistribusikan sari-sarinya ke seluruh tubuh. dengan rentang waktu puasa yang kurang lebih adalah 14 jam, berarti organ pencernaan kita berisirahat selama 6 jam. pada saat itulah organ pencernaan merenovasi sel-sel yang sudah tua dan menggantinya dengan sel-sel baru sehingga keadaan organ akan menjadi lebih baik dan lebih optimal sehingga memiliki daya serap yang tinggi.
2. proses metabolisme berjalan secara teratur. pada siang hari organ pencernaan mengolah asupan ketika berbuka hingga sahur. ketika asupan berhenti, maka ia akan membakar kalori yang tertimbun dalam tubuh dalam bentuk lemak.
3.  puasa juga merupakan solusi yang baik bagi beberapa penyakit diantaranya hipertensi, asam urat, kolesterol, stroke, karena dengan berpuasa kolesterol (HDL) di dalam tubuh meningkat dan koleserol jahat dalam tunuh menurun sehingga memperlancar sirkulasi darah. puasa juga bermanfaat bagi penderita penyakit lambung karena saat berpuasa ambung dalam keadaan kosong sehingga asam ambung berada dalam keadaan normal.
4  beberapa penelitian tentang puasa:
  • Dr. Yuri Nikolavey, mengatakan bahwa penemuan terbesar dalam abad ini adalah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda baik secara fisik, mental dan spiritual, melalui puasa.
  • Hari Basuki mengatakan bahwa puasa selama sebulan Ramadhan dapat menurunkan resiko kardiovaskuler melalui penurunan rasio lingkar pinggang dan pinggul.
  • Ilmuwan Amerika meneliti tikus yang disuntik dengan sel kanker. tikus yang diberi makan, mati karena sel kankernya berkembang. sedangkan tikus yang dipuasakan secara teratu sel kanker nya mati.
Semua manfaat di atas dapat diraih jika kita melakukan puasa sesuai dengan sunah rasul, serta dengan rasa penuh keikhlasan.

...Selamat Berpuasa...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar